Tips Perawatan Honda

Rem Cakram VS Rem Trombol

 

Pada Mobil terdapat berbagai jenis komponen yang masuk ke dalam kategori vital, contohnya rem. Rem jelas merupakan satu dari sekian komponen yang bersifat vital mengingat fungsi utama rem adalah untuk mengurangi laju kendaraan, secara umum rem terbagi menjadi dua yakni tromol dan cakram. 

Hallo, Honda Lovers!

Kalau mobil anda terasa lebih bergetar dari biasanya, anda perlu waspada karena bisa saja komponen penting pada mobil anda sedang bermasalah. segera cek kondisi mobilmu kenapa bisa bergetar. Berikut beberapa komponen penyebab mobil bergetar:

  • Engine mounting rusak
    Pada engine mounting, terdapat karet peredam ditengahnya. Fungsi karet peredam ini adalah untuk meredam getaran pada mesin agar tidak sampai ke body mobil.
    Namun, karena faktor usia dan panas mesin karet ini bisa sobek. Kalau demikian, getaran pada mesin bisa lebih besar dan bisa terasa hingga kedalam kabin.
  • Kampas kopling sangat tipis
    Ketika kampas kopling tipis, maka akan ada getaran saat pedal kopling diangkat. Mungkin ketika pedal kopling dilepas sepenuhnya getaran akan hilang tapi begitu anda menekan kembali peda kopling dan melepasnya, getaran akan muncul diawal anda melepas kopling. Harg Honda Mobilio Tabanan Ini merupakan tanda dari kampas kopling yang sudah tipis, anda harus segera menggantinya karena kalau tidak maka gejala seperti tenaga mesin ngempos, kopling sering selip akan muncul.
  • Permukaan kampas rem/piringan rem bergelombang
    Sebenarnya masalah piringan rem yang tidak rata itu akan terasa gejalanya ketika direm, yakni mobil akan bergetar dan bunyi. tapi kalau kondisinya sudah parah, tidak direm pun getaran bisa muncul.
    yaallah ngantuk parah
  • Bearing roda aus
    satu bantalan jarum ini bermasalah (misal aus atau bengkok) maka kinerja bearing juga ikut bermasalah. Sehingga mobil akan bergetar dan bunyi saat jalan. Getaran dan bunyi ini pun semakin terdengar kalau kecepatan mobil bertambah.

Baca Juga : Apa Akibat Engine Mounting Rusak dan Cara Antisipasi

  • Poros propeller bengkok
    poros propeller yang bengkok akan sangat bahaya resikonya. Tapi apakah poros berbahan besi ini bisa bengkok ? Tentu bisa, apalagi kalau mobil sering membawa beban yang berat. Kebengkokan poros propeller itu kasap mata artinya hanya bisa dilihat menggunakan alat ukur. Hal itu dikarenakan kebengkokan poros propeller itu menggunakan satuan millimeter. Meski demikian, kebengkokan poros propeller 1 milimeter saja sudah bisa membuat mobil bergetar.
  • Bearing poros propeller dan universal joint aus
    Sehingga diletakanlah dua buah universal joint. Horga Honda Jazz Tabanan Meski sudah diberi universal joint, tetap saja getaran pada mobil RWD lebih terasa dibandingkan mobil FWD. apalagi kalau bearing pada universal joint bermasalah. Tentu getarannya akan semakin besar. Kalau anda terbiasa menggunakan mobil FWD dan mencoba mobil RWD mungkin akan ada sedikit getaran (khususnya di kecepatan tinggi) dan itu masih wajar. Tapi kalau getaran yang dirasa lebih besar dibandingkan biasanya berarti ada masalah.
  • Gardan bermasalah
    Koneksi antara dua roda gigi pasti akan menimbulkan getaran dan bunyi. oleh sebab itu ada oli didalam roda gigi tersebut. Namun kalau kondisi roda gigi sudah sama-sama aus, tentu meski diberi pelumas terbaikpun tetap saja menimbulkan getaran. Harga Honda Brio Tabanan Inilah yang terjadi pada gardan, kalau kondisi mata gigi semua gigi didalam gardan aus maka bunyi dan getaran dari bagian belakang tengah akan terasa.
  • Ban bergelombang/tidak balance
    Kondisi ban sangat berpengaruh terhadap handling dan performa mobil. Jangankan bergelombang, ban dengan spek yang kuran tepat saja bisa menimbulkan efek samping pada mobil. Apalagi pada ban yang bergelombang ? Selain ban yang bergelombang, velg yang kurang balance juga bisa menyebabkan mobil bergetar di RPM tertentu (biasanya di RPM tinggi).
  • Salah satu busi mati
    Pada mobil, umumnya terdapat empat buah busi kalau salah satu mesin mati maka mesin akan pincang. Kondisi mesin pincang ini akan menyebabkan getaran mesin lebih besar karena tidak seimbang. Sehingga efeknya, getaran tersebut sampai kedalam kabin. Meski demikian, kalau kita gas sampai RPM tinggi maka getaran itu semakin hilang. Untuk mengeceknya, coba hidupkan mesin pada posisi idle.

Baca Juga : Jenis Lampu Mobil dengan Fungsi Berbeda

Manfaatkan Spesial Promo HONDA Hanya Di Dealer Honda Tabanan Bali.

Dealer Honda Tabanan sebagai Dealer Resmi untuk wilayah Bali dan Sekitarnya siap memberikan pelayanan yang terbaik bagi Anda

untuk info lebih lanjut
silahkan kunjungi HONDA BINTANG TABANAN
Jl. By Pass Ngurah Rai Jl. Dr. Ir. Soekarno, Banjar Anyar, Kec. Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali 82123
(0361) 7992039

Team Telemarketing
Wanda : 082138657070
Official Website : www.hondabintangtabanan.co.id
Official IG : @Hondatabananbali

Selamat datang di Official Website Honda Bintang Tabanan