Hallo, Honda Lovers!

Sebagai pemilik mobil sebaiknya tau apa itu Tune Up, Tune up adalah sebuah pekerjaan untuk menstandarisasi semua komponen dan sistem pada kendaraan seperti semula baik dengan cara penyetelan, atau pembersihan. Dengan tujuan mengembalikan performa mobil, mencegah komponen mobil cepat rusak, dan dilakukan pengecekan setiap komponen apakah masih layak pakai atau sudah waktunya ganti.

Komponen apa saja yang di Tune Up
Komponen mobil rata – rata terbilang sensitif, sehingga perlu dilakukan pengecekan berkala untuk mengetahui apakah komponen tersebut masih layak pakai atau sudah saatnya ganti. Berikut ini komponen yang dilakukan pengecekaan saat Tune Up:

  • Pengecekan dan pembersihan filter udara : Pengecekan bagian Filter Udara untuk membersihkan debu dan kotoran pada permukaan filter menggunakan angin yang memiliki tekanan tinggi. Harga Honda Brio Bali Jika Filter Udara sudah sangat kotor harus segera di ganti karena filter yang sudah kotor akan sulit dibersihkan.
  • Pengecekan Karburator dan Throtle body : Pada mobil dengan sistem non – injeksi karburator sangat wajib dilakukan pengecekan dan pembersihan pada karburator. Biasanya pengecekan ini akan dilakukan penyetelan RPM. Harga Honda HR-V Bali Sedangkan untuk mesin yang sudah menggunakan sistem injeksi hanya dilakukan pengecekan dan pembersihan throtle body.
  • Pengecekan dan Pembersihan Celah Busi : Pengecekan dan pembersihan celah busi dilakukan untuk menjaga agar api yang keluar dari busi tidak terlalu besar dan tidak terlalu kecil. Sebenarnya celah busi sudah diatur dari pabrikan, karena terus berinteraksi dengan tekanan kompresi maka akan ada sedikit perubahan pada celah busi. Harga Honda CR-V Bali penyetelan dan pembersihan perlu dilakukan saat Tune Up.
  • Pengecekan dan Penyetelan Celah Katup : Pada mesin mesin non injeksi wajib dilakukan pengecekan dan penyetelan pada celah katup agar posisi katup bisa standar. Celah katur yang normal biasanya sekitar 0,2 sampai 0,3 mm. Tetapi kalau lebih dari itu maka bisa menyebabkan suara mesin menjadi berisik dan tenaga loyo, sebaliknya kalau celah katup kecil bisa menyebabkan bocor kompresi. Harga Honda Accord Bali Sehingga celah katup sangat penting untuk dilakukan pengecekan dan penyetelan ulang.
  • Pengecekan Tegangan V – Belt : Pengecekan pada  V – Belt merupakan hal yang wajib dilakukan mulai dari pengecekan kondisi sampai teganganya. Kalau V – Belt sudah kendor akan dilakukan penyetelan dan penyetelan ini berlaku pada mesin dengan tensioner manual (tensioner ulir).

  • Pengecekan Accu atau Aki : Pengecekan Accu harus memiliki tegangan pada angka 12 Volt saat mesin mati dan maksimal 14 Volt saat mesin menyala. Harga Honda Odyssey Bali Selain tegangan, kapasitas arus yang dimiliki juga perlu dicek biasanya menggunakan battery tester.

  • Pengecekan Cairan Fluida : Cairan Fluida yang dimaksud adalah oli mesin, oli transmisi, minyak rem, oli power steering dan oli gardan. Saat pengecekan bukan hanya mengecek apakah volume cukup atau tidak, tapi juga pengecekan pada kondisi apakah oli masih sanggup melumasi atau sudah waktunya diganti.

Dealer Honda Tabanan sebagai Dealer Resmi untuk wilayah Bali dan Sekitarnya siap memberikan pelayanan yang terbaik bagi Anda

untuk info lebih lanjut
silahkan kunjungi HONDA BINTANG TABANAN
Jl. By Pass Ngurah Rai Jl. Dr. Ir. Soekarno, Banjar Anyar, Kec. Kediri, Kabupaten Tabanan, Bali 82123
(0361) 7992039

Team Telemarketing
Atha : 082242081631
Official Website : www.hondabintangtabanan.co.id
Official IG : @hondatabananbali

Selamat datang di Official Website Honda Bintang Tabanan